BANYUWANGI, Sebanyak 35 Mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng, melaksanakan serah terima kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi di aula bawah, Senin (8/02/2021). Mereka akan mengikuti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang tersebar di 4 KUA Kecamatan yakni KUA Kecamatan Rogojampi, KUA Kecamatan Gambiran, KUA Kecamatan Glenmore, dan KUA Kecamatan Singojuruh.
Dekan Fakultas Syariah, M. Amir Mahmud, M.A menyampaikan bahwa semua Mahasiswa yang mengikuti PPL di 4 KUA Kecamatan tersebut semuanya merupakan mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam, yang akan dibagi dalam 2 gelombang, masing masing gelombang mengikuti PPL di KUA Kecamatan selama dua minggu.
“Kami atas nama rektor menyampaikan banyak terima kasih kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi atas kerja sama dan bersedia menerima Mahasiswa kami,” ungkapnya.
Dirinya berharap, para mahasiswa tersebut dapat mengambil banyak menimba pengalaman dari kegiatan PPL yang dilaksanakan. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam disiplin ilmu dibangku kuliah. Kesediaan dari Kantor Kementerian Agama Banyuwangi untuk menerima, kami berikan apresiasi yang setinggi-tingginya, karena ini bentuk respon yang senyawa, bagaimana membentuk generasi yang profesional dibidangnya khususnya pengalaman secara teknis”
Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi yang diwakili Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Muklis menyambut baik kegiatan PPL yang dilaksanakan di beberapa KUA Kecamatan. Mantan Kasi PHU tersebut berharap para mahasiswa menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.
“Kami berharap para mahasiswa dalam melaksanakan PPL menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan 5 Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi,” ungkapnya.
Diakhir sambutannya, kepada peserta ia berpesan, untuk segera menyesuaikan diri, berlatih, dan berinteraksi dengan masyarakat yang meminta layanan di KUA sehingga bisa membudayakan pelayanan yang tercermin di setiap insan yang ada.